Dewa Kade Wiarse Raka Sandi resmi di Tetapkan Sebagai Komisioner KPU, Menggantikan Wahyu Setiawan

Republiksatu.com, Jakarta; Sesuai dengan  perubahan keempat Berita acara Rapat DPR RI masa persidangan II tahun sidang 2019-2020 yang diputuskan dalam Rapat Badan Musyawarah, beberapa waktu lalu.

Maka  DPR RI mengelar Rapat Paripurna pada Kamis, 27 Februari 2020 bertempat  di Gedung Nusantara II dengan agenda Laporan Komisi II DPR RI terhadap Pergantian Antar Waktu Komisioner KPU RI yang dilanjutkan dengan pengambilan keputusan dan pelantikan antar waktu anggota DPR RI.

Seperti diketahui bahwa I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, adalah Komisioner peringkat kedelapan dalam seleksi calon Anggota KPU RI periode 2017-2022 dengan 21 suara setelah Arif Budiman diperingkat ketujuh dengan 30 suara. Pengesahan dilakukan setelah Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia membacakan laporan tentang hasil rapat internal komisinya dalam Rapat Paripurna DPR.

Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin sebagai pemimpin Rapat Paripurna DPR langsung meminta persetujuan peserta tentang terpilihnya mantan Ketua KPU Bali itu untuk menggantikan Wahyu Setiawan yang tersandung kasus tindak pidana suap oleh politisi Harun Masiku.

Berdasarkan laporan tersebut pergantian anggota KPU dapat kita setujui?" tanya Aziz.

“Setuju," jawab peserta Rapat Paripurna DPR.

Maka secara sah berdasarkan undang-undang, Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi resmi menjadi Komisioner KPU RI.

Pada kesempatan yang sama, DPR juga mengesahkan Anggota Dewan pengganti tiga menteri lewat mekanisme pergantian antar-waktu (PAW).

 

Mereka yang dilantik adalah Irmadi Lubis, pengganti Yasonna Laoly yang menjadi Menkumham, Tuti N Roosdiono pengganti Jualiary Batubara yang menjadi Mensos, dan Julie Sutrisno pengganti Johnny G Plate yang telah menjadi Menkominfo.


0 Comments


Leave a Comment