Pendiri Partai Demokrat Ventje Rumangkang Tutup Usia

Berita duka kembali menyelimuti keluarga besar Partai Demokrat, kali ini pendirinya Ventje Rumangkang. Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Turut berduka atas wafatnya Bapak Ventje Rumangkang, salah satu pendiri @PDemokrat & ayah wasekjen PD @Vera_Febyanthy. Semoga beliau mendapat tempat terbaik di sisi-Nya, serta keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan. Jasa beliau akan selalu terkenang oleh kita semua," tulis AHY melalui akun Twitter miliknya @AgusYudhoyono, Senin (24/2).

Secara terpisah Kepala Divisi Komunikasi Publik Partai Demokrat, Imelda Sari, dari putri almarhum yakni Vera Febianti Rumangkang. “Telah berpulang Penggagas dan Pendiri Partai Demokrat Bapak Ventje Rumangkang pada pagi ini pukul 05.50, tanggal 24 Februari 2020,” ujar Imelda dalam keterangannya, Senin (24/2). Lebih lanjut ia mengungkapkan, jenazah almarhum kini berada di Rumah Duka RS Siloam Semanggi, Jakarta Pusat. Rencananya, jenazah Ventje akan dimakamkan di kompleks pemakaman San Diego Hills pada Kamis, 27 Februari 2020 mendatang. “Rumah Duka RS Siloam Semanggi, Jakarta Pusat. Dimakamkan di San Diego Hills Kamis 27 Februari 2020,” terang Imelda.

Pada 2004, Ventje bersama pada pendiri Demokrat lainnya sukses mengantarkan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi Presiden Keenam RI. Ventje tak lantas berambisi masuk kekuasaan. Ventje pernah mengaku dirinya mungkin tidak dilahirkan untuk menduduki jabatan formal.

“Tapi saya selalu membantu sebisa mungkin memperbaiki republik ini. Sebab, pengabdian itu tak hanya dalam jabatan formal. Dalam ruang lingkup keseharian juga bisa melakukan pengabdian,” demikian Ventje.

Ventje Rumangkang adalah Ketua Umum Forum Komunikasi Pendiri dan Deklarator Partai Demokrat (FKPD-PD). Politisi asal Manado ini semasa mudanya (akhir 1950an-1960an) pernah menjadi Pengurus Pusat Pemuda Demokrat. Selain itu sebagai tokoh Kawanua, beliau juga bendahara Yayasan Pendidikan Sukarno (YPS) dimana YPS Pendiri Universitas Bung Karno, Penasihat GPPMP dan Institut Sam Ratulangi.

Selamat jalan Ventje Marthin Luther Rumangkang.


0 Comments


Leave a Comment