Antony Winza Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta Soroti Tata Kelola Fasum-Fasos Oleh Developer

Republiksatu.com, Jakarta; Masyarakat nampaknya sudah merasa bosan, ketika  melihat jalanan di kawasan komplek perumahan maupun perkantoran tidak pernah diperbaiki oleh Pemprov DKI Jakarta, Seringkali masalahnya bukan karena Pemprov kekurangan dana, tapi karena jalanan tersebut belum diserahkan kepemilikannya dari Developer (Pengembang) kepada Pemprov sehingga tidak boleh perbaikannya menggunakan dana APBD Prov DKI Jakarta, demikian dikatakan Anthony Winza anggota Fraksi Partai Solidaritas Indonesia DPRD DKI Jakarta kepada pers di Gedung DPRD Prov.DKI Jakarta, Selasa, 11/2/2020

“Yang saya temukan ada masalah tentang persyaratan bahwa Developer harus menyerahkan Jalanan tersebut dalam kondisi mulus tanpa lubang, namun Developer seringkali tidak punya dana untuk memperbaiki jalanan tersebut sehingga tidak pernah berhasil diserahkan ke Pemprov”ungkap Antony

Menurutnya, akibat dari permasalahan tersebut, masyarakat berpuluh2 tahun menderita karena jalanan serta banyak fasos fasum yang rusak tidak terkelola dgn baik. Masalah ini seakan tidak pernah dicarikan solusinya.

Ia juga mengatakan bahwa Dalam Rapat dengan Pemprov DKI Jakarta, beberapa waktu lalu,  ia menyarankan sebuah solusi, yakni melakukan revisi Pergub terkait agar seluruh jalanan yang rusak2 itu dapat langsung diserahkan kepada Pemprov tanpa perlu diperbaiki dahulu oleh Developer. NAMUN, tentunya segala kewajiban developer untuk perbaikan itu harus tetap ada, dinominalkan saja lalu dijadikan hutang (keperdataan) saja dengan membuat Akta Pengakuan Utang dari Developer kepada Pemprov. Yang penting aset jalan2 rusak bisa segera diserahkan kepada Pemprov agar bisa segera diperbaiki menggunakan APBD. Agar masalah ini tidak berlarut2, dan warga bisa segera menikmati fasilitas umum dan fasos yang lebih terpelihara.

“Ya, Syukurlah, Pihak Pemprov pada prinsipnya setuju dengan saran ini dan sedang dalam proses pengusulan di internal Pemprov untuk revisi Pergub, semoga masalah yang sudah puluhan tahun terjadi ini dapat segera terselesaikan”pungkas Antony Winza.


0 Comments


Leave a Comment