Dampak Pembangunan Kereta Cepat Indonesia-Cina, Jl. Cikunir Bekasi Di Tutup Sementara

Republiksatu.com, Bekasi

Pembangunan Kereta Cepat Indonesia-Cina Jakarta-Bandung yang sudah berlangsung selam beberapa bulan ini, nampaknya berdampak pada di tutupnya Jl.Raya Cikunir Kota Bekasi, bukan hanya itu, bahkan Proyek itu juga bahkan memakan sebagian jalur di jalan tersebut.

Sehingga dengan di tutupnya jalan tersebut, pihak PT Wijaya Karya dan PT KCIC bakal memberikan kompensasi dengan melakukan perbaikan jalan dan normalisasi saluran. Demikian di sampaikan Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar, kepada awak media, pada Jumat (21/2/2020) di Kantor Pemkot Bekasi.

Menurut Dadang, sebelum dilakukan penutupan pihak proyek kereta cepat Jakarta-Bandung telah melakukan sosialisasi kepada forum RW 10 dan forum RW 15. Selain itu, mereka bermusyawarah dalam menentukan jalan lingkungan sebagai jalan alternatif pengendara hingga pemberian kompensasi.

"Kami (Pemkot) juga turut ikut dalam proses sosialisasi dan musyawarah itu," ucap Dadang.

Dalam musyawarah dengan forum warga terdapat persetujuan bersama kaitan dengan kompensasi dampak pembangunan KCIC, yakni akan melakukan perbaikan dan pengaspalan jalan lingkungan, dan normalisasi saluran.

"Jadi saluran itu diperbaiki, saluran dibuat tertutup sehingga bisa dilintasi kendaraan. Nanti juga ada normalisasi saluran Kali Baru dan Kali Bisma, serta pembersihan siphon," ungkap dia.

Sementara itu, Pantauan Republiksatu.com, jalan yang ditutup itu sejajar dengan tol Cikunir. Panjangnya kurang lebih 1 km sedangkan lebarnya mencapai 10 meter.

Jalan tersebut menghubungkan antara kawasan Cikunir dan Taman Galaxy Raya. Tidak begitu banyak bangunan di sepanjang jalan ini.

Terdapat sejumlah spanduk pemberitahuan mengenai penutupan Jalan Galaxy I-Jalan Cikunir Raya. Spanduk-spanduk itu tertempel di pembatas jalan antara Jalan Galaxy I dan Tol Cikunir. Dalam spanduk itu terdapat sejumlah logo berbagai lembaga yang bertanggung jawab, di antaranya Pemkot Bekasi, Jasa Marga, hingga PT KCIC.

Diketahui, penutupan itu dilakukan mulai Kamis (20/2) hingga Sabtu (31/10). Tepatnya, penutupan dimulai dari Venus Galaxy hingga Urban Sky Apartemen.

Adapun Jalan alternatif yang dapat dilewati pengendara yakni Jalan Taman Galaxy - Jalan KH Noer Ali sisi selatan - Jalan Caman Raya - Jalan Jatibening - Jalan Cempaka - Jalan Buana Raya - Jalan Cikunir - Jatiasih

 


0 Comments


Leave a Comment