Tak Usah Bikin Rencana, Film Parasite Cetak Sejarah Rebut Oscar 2020

“Tak usah membuat rencana,” ujar Ki-Taek, pria setengah baya. Anak lelakinya, Ki-Woo, sulit memprotes. Ujar sang Ayah lagi: “Kita sudah banyak membuat rencana. Tapi kenyataan datang berbeda. Satu satunya agar kita tidak salah lagi adalah jangan membuat rencana.” Salah satu ungkapan dialog dalam film Parasite, yang membuat orang terpaku saat menyaksikan film korea ini.  Banyak sekali kejutan yang dibuat film tersebut. Seolah ia menggambarkan hidup yang memang tak pernah habis memberi kejutan. Sudah banyak film tak berbahasa Inggris yang dinominasikan Film Terbaik Pila Oscar. Karena fanatik dengan film, saya sudah menonton semua: Roma, Amour, Babel, dan Croaching Tiger, Hiden Dragon.  Tapi film Parasite di tahun 2020 membuat sejarah. Ia film pertama yang tak menggunakan bahasa Inggris yang akhirnya menjadi Film Terbaik Oscar 2020, demikian ulasan yang di sampaikan Denny JA saat dihubungi  Republiksatu.com melalui telpon selularnya, Rabu, 12/2/2020 di Jakarta.

“Dunia bersorak. Tak hanya barat yang menyerbu Asia, Afrika, Amerika Latin. Kini Film Korea mewakili dunia luar sana merebut tahta tertinggi penghargaan film Holywood. sejenak memberikan penghormatan kepada Bong Joon-Ho, sutradara Parasite”ucap Denny JA seorang Aktivis Era 70-an yang akhir-akhir ini aktif sebagai kolumnis di berbagai media massa.

Menurutnya film asal Korea Selatan itu berhasil meraih Best Picture atau Film Terbaik Oscars 2020.  karena di ajang penghargaan yang sama, film ini juga menyabet tiga penghargaan di kategori lain, yakni Best Director, Best Original Screenplay, dan Best International Film. Ketiga, karena kemenangan Parasite mencatat sejarah baru dalam ajang perfilman bergengsi dunia, The Academy Award. Parasite mencatat sejarah di ajang Oscars 2020 sebagai film berbahasa asing pertama yang memenangkan kategori Film Terbaik atau Best picture. Film asal Korea Selatan ini berhasil mengalahkan saingannya yakni 1917, The Irishman, Jojo Rabbit, Joker, Little Women, Marriage Story, Once Upon a Time…in Hollywood dan Ford v Ferrari. Dikutip dari Guardian, sebelum pengumuman Oscar, film Sam Mendes 1917 disebut sebagai kandidat terkuat untuk meraih Film Terbaik mengikuti kemenangan-kemenangannya di Bafta, Golden Globes hingga Producers Guild Awards. Parasite menandai pertama kalinya dalam 65 tahun - sejak Marty pada tahun 1955 - bahwa pemenang Palme d'Or di Cannes telah meningkat menjadi Film Terbaik Oscars.

Parasite mengisahkan drama satir keluarga Kim Ki-taek (Song Kang-ho), yang menjadi seorang supir. Ia menikah dengan istrinya Choong Sook (Jang Hye-jin). Kim dan Choong Sook dianugerahi dua anak. Mereka tinggal di sebuah apartemen yang tak layak huni di bawah tanah. Tak ada satupun dari mereka yang memiliki pekerjaan tetap. Untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, mereka bekerja melipat kotak pizza. Hanya 10 film berbahasa asing yang sebelumnya telah dinominasikan untuk Film Terbaik Oscars - termasuk Amour dan Life Is Beautiful - tetapi tidak ada yang berhasil membawa pulang piala kemenangan. Tahun lalu banyak yang memprediksi drama otobiografi Alfonso Cuaron, Roma, mungkin berhasil mengambil piala Film Terbaik, tetapi kategori tersebut diraih oleh Green Book.

Namun Piala Oscars 2020 digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat, pada Minggu (9/2/2020) malam waktu setempat atau Senin (10/2/2020) pagi waktu Indonesia, telah mencatat Film Parasite karya Sutradara  Boong Joon Ho sebagai kebangkitan perfilman Asia untuk meraih PIala Oscar 2020 penghargaan International sangat bergerngsi di dunia perfilman

“Menonton film ini, saya seperti diserang aneka kejutan yang beruntun. Aneka kejutan yang menggagalkan  banyak rencana besar. Apa daya? Apa yang bisa kita lakukan terhadap kejutan dalam hidup? Tapi sama seperti Ki-Woo. Sayapun tetap membuat rencana melintasi waktu ke waktu. Mungkin hanya dengan rencana, kejutan hidup lebih bisa dikelola,”pungkas Denny JA.

                                                  


0 Comments


Leave a Comment