Menjawab Tantangan Komunikasi di Tengah Pandemi

Republiksatu.com, Jakarta;

Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Untar memperingati Dies Natalis ke-14 secara online melalui aplikasi Microsoft Teams, Senin (29/6), dengan mendatangkan Profesor tamu dari Universitas Indonesia Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc.

 "Meskipun Fikom masih tergolong muda, para dosen dan mahasiswanya telah mencetak banyak prestasi, baik nasional maupun internasional," ucap Dekan Fikom Dr. Riris Loisa, M.Si.

Dalam laporannya. Rektor Prof. Dr. Ir. Agustinus Purna Irawan dalam sambutannya berpesan bahwa Fikom Untar perlu semakin memanfaatkan kemampuan dan kompetensinya dalam bidang komunikasi agar membantu masyarakat memahami cara berkomunikasi yang baik dan tepat. "Fikom bersama Untar harus bisa bersama-sama bergerak maju membangun lembaga pendidikan yang berkualitas, menghasilkan capaian yang dapat dirasakan masyakarat, serta terus meningkatkan kualitas, menjadi yang terdepan membangun komunikasi dengan masyarakat," imbuhnya.

Secara khusus Ketua Pengurus Yayasan Tarumanagara Dr. Gunardi, S.H., M.H. mengucapkan selamat atas usia yang ke-14. "Semoga usia ke-14 dapat menjadi fondasi untuk bisa semakin berkembang, serta kiprahnya dapat benar-benar dirasakan masyarakat. Pimpinan, dosen, karyawan, dan seluruh mahasiswa diharapkan dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai peran dalam melaksanakan tridharma," ujarnya.

 Pakar Sosiologi Pendidikan Prof. Dr. Paulus Wirutomo, M.Sc. hadir sebagai narasumber dalam diskusi "Perubahan Sosial, Peluang, dan Tantangan bagi Dunia Pendidikan" yang menjadi puncak rangkaian acara Dies Natalis. Diskusi yang dimoderatori dosen Fikom Dr. Rezi Erdiansyah, M.S. sangat menarik karena membahas perubahan perilaku manusia dikaitkan dengan terjadinya pandemi Covid-19.

Prof. Paulus memaparkan bahwa New Normal menghasilkan tantangan komunikasi tersendiri. "Masih banyak terjadi civil disobedience atau belum terbentuknya pemahaman pada masyarakat bagaimana menghadapi New Normal dengan baik. Untuk itu, dibutuhkan komunikasi yang memberikan pemahaman menuju peradaban baru, bukan sekadar instruksi. Mahasiswa Fikom Untar harus bisa menjawab tantangan ini, memecahkan masalah komunikasi di masa pandemi untuk menciptakan masyarakat cerdas," jelasnya. Profesor kelahiran Solo tersebut.

Belajar di rumah, sambung Prof Paulus, sampai kondisi aman serta manfaatkan internet sebaik-baiknya merupakan suatu langkah bijaksana untuk mencari solusi kreatif sebagai persiapan menuju Kampus Merdeka

 Acara ini juga memberikan penghargaan kepada Dr. Eko Harry Susanto, M.Si. dan Wulan Purnama Sari, S.I.Kom., M.Si. sebagai dosen berprestasi, Ibu Purwanti, S.E. sebagai karyawan berprestasi, Finalis Miss Indonesia 2020 Audrey Sugito dan Juara 1 Moeslim Fashion Week 2019 Nurkholis Majid sebagai mahasiswa berprestasi, serta Creadzy sebagai unit kegiatan mahasiswa fakultas (UKMF) terbaik di lingkungan Fikom Untar. Rangkaian acara selanjutnya akan diisi dengan webinar "Gamers: Dari Hobi Jadi Profesi" pada Rabu (24/6), dan "Ngobrol Hallyu di Masa Pandemi" pada Senin, (29/6) sebagai penutup rangkaian Dies Natalis ke-14 Fikom Untar.


0 Comments


Leave a Comment