KPK: WAHYU SETIAWAN TERJERAT KASUS SUAP OLEH CALEG DPR RI

Dalam keterangan pers terkait operasi tangkap tangan Komisioner KPU RI Wahyu Setiawan, Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar menyampaikan adanya pemberian hadiah kepada Wahyu Setiawan terkait proses penetapan Pergantian Antar Waktu PAW) Anggota DPR RI.

OTT itu sendiri berhasil mengamankan delapan orang pada hari Rabu dan Kamis di empat tempat yang berbeda. Delapan orang yang terlibat dalam persekongkolan ini adalah WSE (Komisioner KPU), ATF (Mantan Anggota Bawaslu), SAE (Swasta), DON (Advokat), RTO (Asissten WSE), IDA (Keluarga WSE), WBU (Keluarga WSE) dan I (sopir SAE).

Kemarin KPK mengamankan WSE dan RTO di Bandara Soekarno Hatta sekitar pukul 12.55 Wib.

Tim KPK yang berbeda kemudian melakukan penangkapan terhadap ATF di rumah pribadinya di Depok beserta uang senilai Rp. 400 juta dalam bentuk mata uang dolar Singapura dan juga buku rekening.

Sementara SAE, DON dan I diamankan saat ketiganya sedang berada di sebuah restoran di Jalan Sabang Jakarta. Ditempat berbeda, Tim KPK lainnya juga melakukan penangkapan IDA dan WBU di rumah pribadi mereka di Banyumas.

Usai Konferensi pers, KPK menetapkan Wahyu, Agustiani dan Saeful sebagai tersangka kasus penyuapan. Satu tersangka lagi yaitu Harun Masiku (Caleg DPR RI PDIP) belum tertangkap.

“KPK meminta tersangka HAR segera menyerahkan diri ke KPK dan kepada pihak lainnya yang terkait dengan perkara ini untuk kooperatif”, ujar Lili.(sumber foto KOMPAS.com)


0 Comments


Leave a Comment